Wednesday, September 14, 2011

Trik dan Tips mengisi Freon AC dan Kulkas


Bagaimana cara mengisi freon kulkas ?? dan sama gak ya macam isi freon ac ??
apa perlu di perhatikan ampere nya seperti pada ac..,jika iya berapa ampere pada kulkas 1 pintu dan dua pintu ??

1. Teknik pengisian yang terbaik adalah dengan metoda timbang. Yaitu refrigerant diisi dengan cara ditakar menggunakan timbangan elektronik. diisi sesuai dengan spesifikasi dari pabriknya. Jika tidak memiliki timbangan, pengisian bisa dilakukan dengan berdasarkan pada tekanan dan temperatur ruangnya. Cara pengisian sama saja kulkas maupun AC. Ampere Kompresor juga diperhatikan, besarnya ampere kompresor kulkas berbeda2, pastikan saja lihat di nameplete-nya.



2.Kalo charging refrigerant ( freon ) mau kulkas sama AC tidak ada bedanya ,kecuali untuk refrigerant jenis BLEND atau Hydrocarbon ada beberapa prosedur yg harus diperhatikan / perlakuannya berbeda dengan unit AC atau kulkas dengan refrigerant CFC atau HCFC, anda bisa search sendiri lewat mbah google cara2nya. Untuk ukuran ampere maupun jumlah / quantity refrigerant nya anda bisa lihat di nameplate unit kulkas yang mau di isi.



1 comment:

  1. sekedar sharing kawan :)
    dalam hal pengisian refrigrant atau dalam bahasa bengkelnya freon kulkas engga sama dengan pengisian freon ac.dalam pengisian freon kulkas ini di perklukan ketelitian dan kehati hatian yang lebih.mengapa diperlukan ketelitian dan ke hati hatian yang lebih??
    Karena pada sistem kulkas itu terdapat pipa kapiler yang lebih kecil ukurannya dari pada pipa kapiler ac.


    semoga bermanfaat

    http://polarinxinindo.co.id

    ReplyDelete